Makan Apa ya Buat Buka Puasa?

Hai Tunist!

Di bulan puasa gini, kita nggak heran ya kalo ngeliat pedagang kaki lima menjamur dimana-mana. Asal jangan ada jamur di kaki. HEHE. Biasanya mereka menjajakkan (bukan Jaja Miharja loh ya) makanan pembuka buat ngebatalin puasa. Atau yang biasa kita sebut takjil. Sebenernya tuh makna takjil atau ta’jil adalah penyegeraan.

Dalam konteks bulan puasa, takjil berarti penyegeraan membatalkan puasa. Makanan untuk berbuka yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad adalah kurma. Bukan berarti dosa kalo nggak buka puasa pakai kurma. Kan nggak semua orang suka kurma.

Buat yang nggak suka kurma atau mungkin bosen sama kurma, tengoklah ke luar rumah. Banyak pilihan makanan ringan buat buka puasa. Biasanya, harga yang dipatok juga cukup murah. Nih, kita kasih tau beberapa pilihannya!

1. Gorengan

https://i2.wp.com/assets-a1.kompasiana.com/items/album/2015/09/30/gorengan-1-560b725d939773a505950121.jpg?resize=900%2C400

Gorengan mah selalu ada kapan pun dan dimana pun sih. Tapi tetep banyak orang yang milih gorengan sebagai makanan untuk berbuka. Mulai dari tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng, risol, bakwan, pastel, martabak tahu telor sampai cakwe. Aduh, ngiler ya jadinya. Jangan keseringan ya, nanti batuk dan bisa nimbulin jerawat juga. Hiiii.

2. Sop Buah

https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/-SLYhhGVTPGk/VWyCY0T6aBI/AAAAAAAAALg/FjsfLUrHt8E/s1600/sop-buah-segar.jpg?w=1500

Yak, ini juga selalu ada. Tapi rasanya seger banget kalau buka pake sop buah. Dingin, manis dan sehat juga karena banyak buah seperti buah naga, apel, anggur, alpukat dan kawan-kawan. Sop buah juga dilengkapi dengan susu. Berdoa aja supaya penjualnya nggak pakai es dari air mentah.

3. Kolak

https://i1.wp.com/cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/909764/big/001991900_1435207162-kolak-pisang.jpg?w=1500

Kolak pisang nih yang jadi favoritnya penulis. Kalau kalian lebih suka kolak pisang atau kolak biji salak? Biasanya di dalam kolak juga ada kolang-kaling dan pacar cina. Kenapa namanya bukan pacar prancis atau pacar jepang? Nanti coba cari di google, siapa tau ketemu alasannya. Oh iya, kolang-kaling punya banyak manfaat loh! Misalnya, menurunkan berat badan, mengandung vitamin A, B dan C, mengobati gatal-gatal dan lain-lain.

4. Es Blewah dan Es Timun Suri

https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-YWT05NP_2oo/V7lnmwKCOhI/AAAAAAAAEWE/roTPgRtrp4scTFJv7tGL853mR_OsE1mdwCLcB/s1600/resep-es-blewah.jpg?w=1500&ssl=1

Dua es berbeda ini kayaknya muncul pas bulan puasa doang. Apa di rumah kalian tuh ada pas hari-hari biasa? Meski berbeda tapi blewah dan timun suri sama-sama mengandung banyak air, fruktosa, vitamin C dan serat makanan. Bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah dan menyehatkan fungsi ginjal.

5. Kue Lupis dan Putu Mayang

https://i2.wp.com/resepdanmasakan.com/wp-content/uploads/2015/11/Resep-Kue-Lupis-Segitiga-Ketan-Hijau.jpg?w=1500

https://i2.wp.com/selerasa.com/images/Kue_Tradisional/Resep-kue-putu-mayang.jpg?w=1500

Di lingkungan rumah penulis, kalo buat puasa tuh ada anak-anak yang keliling sambil teriak “Maling maliiing!” eh salah, salah. Mereka jual kue lupis dan kue putu mayang. Jadi teriakannya gini, “Yooo kue lupis, putu mayang.. Lupiiis”. Nggak ngerti deh, kenapa pakai ‘Yooo’ dan nyebut Lupisnya dua kali? Kue lupis itu terbuat dari beras ketan dan dilumuri dengan gula merah. Sedangkan putu mayang bisa terbuat dari tepung beras maupun bihun jagung dan dilumuri dengan santan yang diberi gula.

Cukup lima pilihan aja ya, biar nggak makin ngiler. Buat yang mager ke luar rumah atau anak kost yang ngirit, bisa juga buka puasa dengan teh manis. Sebenernya, masih banyak lagi makanan yang ada di bulan puasa. Misalnya, sate susu dari Bali, ketan bintul dari Serang, mie glosor dari Bogor. Tapi itu termasuk makanan berat kayaknya ya? Kita bahas yang ringan-ringan aja, soalnya hidup udah berat. Hahaha nggak deng. Seberat apapun hidup, ingatlah kalo Tuhan itu selalu ada dan nggak akan ngasih cobaan yang melampaui batas umatnya. Selalu bersyukur dan tetap tersenyum yaa.. #KultumBulanPuasa

Di kota kalian, ada apa aja sih makanan khas bulan puasa? Share di kolom komentar yaa!