Rasanya Jadi Moderator di Edunation

Siapa aja nih yang minggu lalu datang ke Edunation? Gimana kesan kalian setelah ikut talkshownya? Tertarik buat studi ke negara mana? Seperti yang kalian tau, Reuben dan Mikha terlibat di acara Edunation sebagai moderator. Reuben menjadi moderator di sesi Eropa, dengan dua pembicara yaitu Yoga dan Cantika. Di sesi ini, kita bisa mengetahui pengalaman kuliah di Belanda dan Prancis.

Dari mulai absensi, tugas, proses adaptasi, budaya, organisasi mahasiswa, part-time job, sampai dengan hiburan yang ada di sana. Audience yang hadir saat itu cukup antusias. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan untuk dua pembicara tersebut. Pertanyaan mengenai uang saku, benefit dari double degree maupun single degree, tips memilih kampus dan lain-lain terjawab dengan lengkap oleh Yoga dan Cantika.

Sebagai moderator, Reuben merasa gugup karena tidak terbiasa. Walaupun sering ditonton banyak orang tapi rasanya beda dari manggung. Reuben merasa beruntung karena pembicaranya baik dan komunikatif. Kebetulan juga, Reuben suka bertanya ke orang lain. Menurut Reuben, acaranya oke, ramai yang datang dan juga banyak yang nanya. Dia senang dengan antusiasnya karena di talkshow biasanya banyak yang malu bertanya. Dengan banyaknya pertanyaan jadi pembicara bisa share pengalamannya lebih banyak lagi. Sayangnya, Reuben nggak bisa nonton waktu Mikha jadi moderator karena mau ke rumah Mimom.

Saat Mikha jadi moderator di sesi Australia, audience terlihat makin ramai. Ada 3 pembicara yaitu Rifqi Adhyasa, Adeline Tiffanie dan Lenny Ceng. Mereka mempresentasikan pengalaman kuliahnya selama berada di Australia. Rifqi yang kuliah di Adelaide membawakan presentasi dengan lucu. Adeline yang kuliah di Melbourne dan Lenny yang kuliah di Sydney juga membawakan presentasi dengan menarik.

Dari presentasi tersebut, audience bisa membayangkan bagaimana serunya tinggal di Australia. Bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, banyak fasilitas gratis dan wisata yang menyenangkan. Di sesi Australia, audience juga antusias saat diadakan tanya jawab.

Bukan hanya Reuben yang merasa gugup, Mikha juga merasa grogi sebelum acara dimulai. Awalnya dia nggak memilih jadi moderator di sesi Australia dan nggak banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Meski begitu, ia merasa senang. Acara tersebut menjadi pengalaman pertama yang seru bagi Mikha. Semua pembicaranya baik dan talk active jadi memudahkannya. Mikha mengaku mau ke luar negeri tapi bukan untuk kuliah. Karena point yang ia dapat dari pembicara itu kegiatan di luar kuliah. Ia mau tinggal di luar negeri seperti Australia dan juga mau keliling dunia untuk merasakan kultur yang berbeda. Ia berharap acara Edunation ke depannya mendapat tempat yang lebih baik karena ide acaranya sangat bagus.

Dari acara Edunation, kita bisa mendapatkan banyak pelajaran. Terutama buat yang kepo soal kuliah di luar negeri, semua sudah terjawab di acara tersebut. Oh iya, Reuben dan Mikha bersedia kok jadi moderator kalau diundang lagi.


Pict: IG @edunation2017 dan twitter @yoonitaya


Writer : Dea Astra Angga