Saya Indonesia Saya Pancasila

Hai Tunist! Kalian tau kan, kalau tanggal 1 Juni kemarin ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk apa? Yap, benar! Untuk memperingati hari lahir Pancasila. Tunist yang masih sekolah mungkin mengikuti upacara di sekolahnya. Ada banyak orang yang mengupload atau memakai foto profil dengan tulisan Saya Pancasila. Ada banyak pula yang menuliskan tweet dengan hashtag #SayaIndonesiaSayaPancasila sampai itu menjadi worldwide trending topic.

Tak ada yang salah dengan itu semua. Namun, apakah semangat Pancasila ini hanya berlaku untuk satu hari? Tentu, seharusnya tidak. Setiap hari kita harus mengingat kalau negara kita berlandaskan Pancasila. Bukan dengan sekedar menghafal kelima sila dalam Pancasila, lebih penting kalau kita menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam kelima sila tersebut.

Dewasa ini, isu SARA terasa kuat hingga menimbulkan rasa intoleran di sebagian masyarakat. Kita sebagai generasi muda, jangan mau terpecah belah dengan isu SARA atau isu murahan lainnya. Kita harus menjaga kesatuan NKRI. Jangan mudah terpancing emosi dan jangan menebar kebencian. Lebih baik sebarkan kalimat-kalimat positif dan lakukan hal-hal baik buat lingkungan sekitar.

Mulai lah dengan hal kecil seperti menghargai perbedaan. Sebagai bangsa Indonesia, harusnya kita bangga karena memiliki banyak kebudayaan. Rasa toleransi harusnya ditanamkan sejak kecil. Menurut kalian, hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga nilai-nilai Pancasila? Share di kolom komentar yaa! Marilah kita bersama membangun Indonesia yang lebih baik. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.